BERITA

PENDAFTARAN ONLINE ANGGOTA PERPUSTAKAAN DAN APLIKASI PERPUSTAKAAN ELEKTRONIK KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN...

Rabu, 22 September 2021

Hi Sobat Baca Kabupaten Labuhanbatu Selatan!!

Mulai hari ini, untuk Masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang belum terdaftar sebagai anggota Perpustakaan tidak perlu khawatir lagi yaa..

Karena sekarang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan telah menyediakan ruang untuk pendaftaran anggota perpustakaan secara online.

Untuk pendaftaran online disini bisa langsung kunjungi alamat website berikut ini :

https://bit.ly/perpuslabusel

 

Selain itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan juga sudah menyediakan fasilitas buku elektronik yang dapat di baca dimana saja dan kapan saja.

Ada bermacam judul buku dari berbagai disiplin ilmu. Masyarakat Labuhanbatu Selatan bisa memilih judul buku sesuai kebutuhannya.

Jadi untuk Masyarakat Labuhanbatu Selatan yang ingin mengisi waktu dengan ilmu bermanfaat bisa baca buku elektronik secara online melalui Aplikasi Perpustakaan Elektronik Kabupaten Labuhanbatu Selatan di Playstrore gadget masing-masing.

Adapun nama aplikasi di Playstore adalah "ePusda Kab Labuhanbatu Selatan"

Jadi mulai sekarang sudah bisa di download dan dimanfaatkan.

"Buku adalah gerbang dunia dan membaca adalah kuncinya."

"Membaca memperkaya ilmuku dan memperluas imajinasiku."

"Makin banyak aku membaca, makin banyak aku memperoleh informasi."

SALAM LITERASI !!

 

PENYERAHAN CENDRAMATA ATAS SUKSENYA KERJASAMA WEBINAR NASIONAL DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN...

Rabu, 01 September 2021

Dalam rangka telah terlaksananya dengan sukses dan lancar kegiatan webinar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Labuhanbatu Selatan-Yogyakarta bertema Melestarikan Budaya Membaca Bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten  Labuhanbatu Selatan, Mahasiswa Labuhanbatu Selatan-Yogyakarta memberikan cendramata kepada Dinas Perustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan atas ucapan terimakasih telah terlaksananya kerjasama kegiatan webinar dengan sukses. Pemberian Cendramata di serahkan langsung kepada Bapak Kepala Dinas Perpustakaan.

Dengan adanya kegiatan webinar ini dapat mengenalkan perpustakaan kepada masyarakat labusel khususnya mahasiswa lausel dan juga dapat meningkatkan minat baca masyarakat. Semoga kegiatan webinar ini kedepannya dapat terus berlanjut. 

MONITORING PELAKSANAAN POJOK BACA DI 5 (LIMA) KECAMATAN SE-KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN...

Rabu, 25 Agustus 2021

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan melakukan monitoring pelaksanaan Pojok Baca di 5 (lima) kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Kepala Dinas beserta Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Kepala Bidang Pengolah, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan serta Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Perpustakaan berkunjung langsung disetiap 5 (lima) kecamatan. Adapun 5 (lima) kecamatan se-kabupaten Labuhanbatu Selatan terdiri dari : Kecamatan Kotapinang, Kecamatan Kampung Rakyat, Kecamatan Torgamba, Kecamatan Sungai Kanan dan Kecamatan Silangkitang.

Tujuan dari pojok baca ini adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat beragam sumber bacaan untuk dimanfaatkan sebagai media, sumber belajar, serta memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan. Selain itu dengan adanya Perpustakaan Kecil (Pojok Baca) ini nantinya dapat meningkatkan gemar membaca masyarakat sehingga menambah keterampilan membaca dan juga ilmu pengetahuan.

Monitoring ini dilakukan bertujuan untuk menyampaikan pelaksanaan pojok baca di setiap 5 (lima) kecamatan serta peningkatan kualitas dan kwantitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang menangani pojok baca dan  mengoptimalisasi pelayanan.

 

Selasa (24/8/2021)

WEBINAR NASIONAL 2021...

Kamis, 10 Juni 2021

Hy Sahabat Perpustakaan Labuhanbatu Selatan!!

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Labuhanbatu Selatan-Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Melestarikan Budaya Membaca Bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Pemateri :

Riswanto, S.Pd

(Kepala Dinas Perpstakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan)

A. Khawarizmi Siregar, S.E, (Cand?), M.A. 

(Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gadjah Mada)

Moderator :

Sabilal Hidayat Siregar

WAKAHIM HIMA BTP-DIII

Politeknik LPP Yogyakarta

VIA ZOOM MEETING

Catat Waktunya:

📆 : Sabtu,  12 Juni 2021

⏰ : Pukul 14.00-16.00 WIB

 Link Pendaftaran :

http://bit.ly/WEBINARHIMALABUSELYK

Narahubung : 

082277213958 Wahyu

085658182770 Sabil

LOMBA PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERBAIK TINGKAT SLTA SE-SUMATERA UTARA TAHUN 2021...

Kamis, 03 Juni 2021

Kamis 3 Juni 2021, Dalam rangka mengikuti Lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat SLTA se-Sumatera Utara Tahun 2021, SMA Negeri 1 Silangkitang binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan memberikan kesempatan kembali untuk memgikuti lomba di tahun 2021. Setelah mempersiapkan berbagai syarat dan ketentuan, SMA N 1 Silangkitang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi penilaian dalam Lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat SLTA se-Sumatera Utara. 

Tim Dewan Juri dari Provinsi Sumatera Utara mengunjungi secara langsung Perpustakaan SMA N 1 Silangkitang untuk melakukan penilaian. Berbagai instrument Penilaian melalui survey langsung keadaan fisik perpustakaan dan berbagai pertanya diajukan oleh dewan juri kepada Petugas Perpustakaan. Yang kemudian hasil dari penilaian ini akan dijadikan tolak ukur keputusan akhir nnti. 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan turut mendampingi sekolah binaannya SMA N 1 Silangkitang dalam proses seleksi penilaian. Kegiatan ini berlangsung dengan baik sesuai dengan prosedur yang telah di tentukan. 

BELAJAR SANTAI BERSAMA GENERASI CERDAS...

Sabtu, 27 Februari 2021

Sabtu,  27 Februari 2021 Kelompok belajar menjadi salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19 sekaligus memastikan anak-anak dapat belajar dengan baik. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan berkolaborasi dengan Kelompok Belajar Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan melaksanakan kegiatan Kelompok Belajar di luar ruangan bagi adik-adik khususnya masyarakat Labuhanbatu Selatan. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan peraturan protokol kesehatan yang wajib untuk ditaati agar mencegah penyebaran virus covid-19. Kegiatan Kelompok belajar ini bertemakan "Belajar Santai". Di kegiatan ini Adik-adik dapat belajar dan bermain bersama di dampingi oleh mentor yg telah di sediakan oleh Panitia termasuk juga oleh kakak-kakak Mahasiswa yg sedang KKN dan Pembimbing yang profesional di bidangnya. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan mendongeng, belajar mengajar, Mewarnai, dan bermain yang bertujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan Adik-adik agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat. 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan dalam hal ini berpartisipasi dalam menyediakan buku bacaan dengan memfasilitasi Perpustakaan Keliling yang dapat digunakan Kelompok Belajar Santai dalam melaksanakan kegiatannya. Adik-adik bisa membaca buku yang telah tersedia di Perpustakaan Keliling. Berbagai macam koleksi buku bacaan yg menarik dapat di manfaatkan oleh Adik-adik di kegitan ini. 

Kelompok Belajar Santai dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 14:00 s/d 17:00 WIB berlokasi  di Gedung SBBK kotapinang. Buat adik-adik yang bosan di rumah dan ingin memanfaatkan waktunya dengan baik dan lebih berguna,  mari berpartisipasi di kegiatan Belajar Santai. Begitu banyak sekali ilmu pengetahuan yg di dapat dari kegiatan ini. Belajar Santai bersama Generasi Cerdas.

SERAH TERIMA BUKU BACAAN KEPADA PERPUSTAKAAN DESA PERSIAPAN EMPLASMENT SISUMUT...

Jumat, 26 Februari 2021

Senin, 08 Februari 2021 Sehubung dengan tersedianya ruangan kosong yang ada di Kantor Desa Persiapan Emplasment Sisumut dan di tengah Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang sedang melanda menyebabkan sekolah tatap muka dibatasi dan kenyataannya anak usia sekolah lebih banyak bermain Gadget dari pada mengikuti program sekolah Daring. Dalam hal ini, Desa Persiapan Emplasment berupaya meminta bantuan pengadaan buku kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhabatu Selatan dan akan mengelola bahan bacaan tersebut di ruang kosong yang tersedia sebagai Perpustakaan Desa Persiapan Emplasment Sisumut.

Demi meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak usia sekolah Desa Persiapan Emplasment Sisumut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan  telah menyerahkan koleksi buku  kepada Perpustakaan Desa Persiapan Emplasment Sisumut. Serah terima buku diberikan pada hari Senin 08 Februari 2021 bertempat di Kantor Desa Emplasment Sisumut. Koleksi buku yang diserahkan sebanyak 205 eksemplar yang terdiri dari buku bacaan anak, kamus-kamus, buku cerita dan lain sebagainya. Diharapkan agar dapat dikelola dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhannya. Penyerahan buku di berikan langsung kepada Bapak Kepala Desa Persiapan Emplasment Sisumut oleh Ibu Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Ibu Kepala Bidang Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan.

PENYERAHAN HADIAH PEMENANG LOMBA PERPUSTAKAAN SLTA TERBAIK TINGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA...

Senin, 10 Agustus 2020

Kamis, 06 Agustus 2020 Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara mengundang pemenang lomba perpustakaan sekolah/madrasah tingkat SLTA terbaik Provinsi Sumatera Utara untuk menyerahkan hadiah lomba. Perpustakaan SMA Negeri 1 Silangkitang merupakan binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang terpilih menjadi salah satu pemenang lomba dan memperoleh juara III (tiga) Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Adapun pemenang lomba terdiri dari SMA Unggulan CT Foundation (Kab. Deli Serdang) sebagai Juara I, MAN Kisaran (Kab. Asahan) sebagai Juara II, SMA Negeri 1 Silangkitang (Kab. Labuhanbatu Selatan) sebagai juara III, SMA Negeri 1 Langkat (Kab. Langkat) sebagai juara Harapan I, SMA Negeri 3 Medan (Kab/Kota Medan) sebagai juara Harapan II, dan SMA Negeri 1 Talawi (Kab. Batu Bara) sebagai juara Harapan III. 

Penyerahan hadiah di hadiri langsung oleh Petugas Perpustakaan SMA Negeri 1 Silangkitang. Penyerahan hadiah dilaksanakan di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara. Hadiah yang diserahkan berupa Trophy, piagam dan uang tunai.  

DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP PROVINSI SUMATERA UTARA MELAKUKAN KEGIATAN LOMBA PERPUSTAKAAN SLTA TERBAIK TINGKAT PROVINSI...

Selasa, 07 Juli 2020

Kamis, 02 Juli 2020 Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara melakukan kegiatan lomba perpustakaan SLTA terbaik tingkat provinsi. Perlombaan ini diikuti oleh Sekolah SMA Negeri 1 Silangkitang. SMA Negeri 1 Silangkitang merupakan sekolah binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Dalam prosesnya penilaian SMA Negeri 1 Silangkitang masuk dalam 6 (enam) besar tingkat Provinsi.  Sehingga  Dewan Juri melakukan peninjauan langsung ke Sekolah SMA Negeri 1 Silangkitang.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Ibu Ernawati Panjaitan, S.E selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Ibu Reni Inggit Pratiwi, S. Sos., selaku Kepala Seksi bidang Pembinaan turut hadir untuk mendampingi Sekolah SMA Negeri 1 Silangkitang saat ditinjau langsung oleh tim dewan juri.

Segala intrument dan persyaratan yang telah di siapkan oleh Sekolah SMA Negeri 1 Silangkitang di periksa oleh dewan juri peninjau. Penilaian dilakukan sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan. 

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN LABUHANBATU SELATAN MENERIMA KUNJUNGAN DARI SMP N 11 SATU ATAP KECAMATAN TORGAMBA, KABU...

Kamis, 12 Maret 2020

Kamis, 12 Maret 2020 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu Selatan menerima kunjungan dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri  11 Satu Atap Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Adapun jumlah Siswa/i SMP Negeri  11 Satu Atap Torgamba yang berkunjung sebanyak 26 orang yang terdiri dari kelas VII  (tujuh) dan di dampingi oleh guru kelas.

Kunjungan ini diterima baik oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu Selatan dan di sambut langsung oleh Kepala Dinas, Bapak Riswanto, S.Pd.

Ibu Weldianti Rajagukguk S.Sos., selaku staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memberikan bimbingan/arahan mengenai  koleksi, layanan, dan fasilitas yang ada di Perpustakaan. Siswa/i dibagi menjadi tiga kelompok untuk menjelajahi  koleksi dan fasilitas lain di Perpustakaan yang ingin dibaca untuk digunakan. Masing-masing  kelompok di dampingi oleh staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang bertugas.

Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi siswa/i agar lebih mengetahui  manfaat dari Perpustakaan. Segala sumber informasi yang dibutuhkan ada di Perpustakaan. Dalam arahannya Bapak Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu Selatan memberikan sambutan rasa terima kasih dan menjelaskan bahwa Perpustakaan  merupakan  pembelajaran hidup sepanjang hayat.

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN LABUHANBATU SELATAN IKUT MEMERIAHKAN ACARA MUSHABAQAH TILAWATIL QUR'AN NASIONAL (M...

Rabu, 11 Maret 2020

Senin, 09 Maret 2020 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu Selatan ikut memeriahkan Acara Mushabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) XI dan Festival Seni Qasidah XII Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2020 yang diadakan di Lapangan Sepak Bola Pandan Sari Kecamatan Silangkitang.

Acara tersebut akan berlangsung selama 5 (lima) hari mulai dari tanggal 09 Maret s/d 13 Maret 2020 pada pukul 14:00 WIB s/d Selesai dan diakhir acara pada tanggal 13 Maret 2020 dimulai pukul 19:30 WIB s/d selesai.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu Selatan menghadirkan suatu kegiatan Layanan Perpustakaan yaitu Layanan Perpustakaan Keliling. Perpustakaan Keliling ini dapat di manfaatkan oleh masyarakat yang berhadir atau berkunjung di acara kegiatan tersebut untuk menghilangkan penat dengan sambil membaca buku. Masyarakat Kabupaten Silangkitang sangat antusias dengan adanya layanan perpustakaan keliling.

"PERPUSTAKAAN MENDONGENG" BERSAMA TK. KUNTUM DAHLIA...

Selasa, 10 Maret 2020

 

Selasa, 10 Maret 2020 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu Selatan menyelenggarakan kegiatan mendongeng bersama dengan anak TK. KUNTUM DAHLIA. Kegiatan Mendongeng merupakan salah satu upaya yang bias dilakukan dalam meningkatkan minat baca.

TK. KUNTUM DAHLIA yang berada di Jl. Jend. Ahmad Yani, Kec. Kota Pinang, Kab. Labuhanbatu Selatan, menghadiri undangan kegiatan yang bertema “Perpustakaan Mendongeng” dengan jumlah peserta 21 orang dan guru pendamping. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu Selatan  Bapak Riswanto, S.Pd menyambut langsung dan ikut memeriahkan kegiatan “Perpustakaan Mendongeng”.

Pendongeng dibawakan oleh Staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ibu Nurul Aida Harahap, S.P, menyampaikan dongeng tentang “Persahabatan  Singa dan Tikus”. Anak-anak terlihat sangat antusias mendengarkan dongeng ini.

 

1 2